13 January 2022

Folder WhatsApp Hilang?

WhatsApp saat ini sudah menjadi aplikasi yang sangat berguna dalam mendukung kegiatan sehari-hari, aplikasi yang dibuat sebagai sarana untuk mengirim pesan ini juga sering kali digunakan atau dimanfaatkan untuk mengirim media berupa foto, video hingga file-file dokumen.

Ada kalanya, untuk keinginan tertentu misalnya menyalin (copy), atau memindahkan foto, video atau dokumen, dulu bisa dengan mudah menemukan dan mengakses folder WhatsApp melalui "File Manager" di handphone atau "File Explorer" saat menggunakan komputer Windows.

Namun demikian mungkin anda akhir-akhir ini mengalami kebingungan untuk menemukan Folder WhatsApp, karena folder WhatsApp yang biasa ditemukan di dalam penyimpanan internal (internal storage) Android kini tidak terlihat lagi. Sehingga muncul banyak pertanyaan di mana letak folder WhatsApp tersebut? Beberapa pengguna juga ada yang mengalami album media WhatsApp yang hilang dari "Galeri".


Lokasi Folder WhatsApp

Sebenarnya folder WhatsApp tersebut tidak hilang, hanya saja sejak update Android 11, folder WhatsApp berpindah ke dalam folder Android di dalam penyimpanan internal (internal storage) dengan nama folder "com.whatsapp" . Jadi anda bisa menemukan folder tersebut, tepatnya pada alamat : "Penyimpanan internal/Android/media/com.whatsapp".

Memunculkan Album WhatsApp di Galeri

Jika Galeri handphone anda tidak menampilkan Album WhatsApp, beginilah cara memunculkan album WA di galeri:
1) Pertama, buka Aplikasi WhatsApp
2) Selanjutnya, sentuh tanda ⠇( titik 3 ) yang ada di pojok kanan atas lalu sentuh "Setelan" (atau "Settings" )
3) Setelah itu sentuh "Chat" (atau "Chats")
4) Pada setelan chat, sentuh "Tampilkan media" (atau "Media visibility") untuk menggeser tombol ke kanan dan warnanya menjadi hijau untuk menampilkan media pada galeri.

Selesai.

Dengan mengaktifkan Tampilkan media, maka media yang terunduh melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri Android anda. Gambar akan ditampilkan dalam album WhatsApp, dan Video akan ditampilkan dalam album WhatsApp video.

0 comments: